Amazon Contextual Product Ads

Selasa, 04 Oktober 2011

Curug Tujuh Neglasari - Garut


Curug Tujuh Neglasari atau dikenal juga dengan nama Curug Limbung terletak di perkebunan teh Neglasari, di tengah perjalanan antara Garut Kota ke arah selatan menuju Pameungpeuk, Jawa Barat.   Keunikan curug ini ialah jatuhan airnya bertingkat-tingkat membentuk tujuh tingkatan dengan ketinggian 50 m, sehingga memiliki keindahan yang khas.  Setiap tingkatan pada curug ini terdapat kolam air seluas puluhan meter persegi dan berkedalaman 1-3 meter. Jatuhan air dari curug ini mengalir dari sela-sela gunung  termasuk ke dalam bagian dari Gunung Gelap yang hutannya masih asli atau alami.  Air dari Curug Tujuh jatuh menimpa tebing-tebing dari gunung tersebut, sehingga membentuk relief pada dinding gunung dan bentuknya menyerupai tangga yang jumlahnya tujuh.

Curug ini tidak pernah menyusut airnya. Sekalipun kemarau tetap saja ada air yang mengalir di curug tersebut. Yang membedakannya hanya volume air. Sangat kontras jika sedang musim hujan dan musim kemarau.
Lokasi
Terletak di perbatasan Kecamatan Cisompet dan Cikajang, tepatnya di Desa Neglasari, Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut, Propinsi Jawa Barat.

Peta dan Koordinat GPS:
 
Aksesbilitas
Berjarak 59 km dari pusat kota Garut dan dapat ditempuh dalam waktu 2,5 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi atau umum. Selanjutnya untuk menuju ke lokasi curug ini dengan berjalan kaki sejauh 1 km dari jalan utama melewati perkebunan teh.
Fasilitas dan Akomodasi
Hingga kini masih belum dikelola dan dimanfaatkan secara memadai.  Bahkan akses ruas jalannya sebagian besar berupa jalan “tikus” atau setapak

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar